Bengkulu Selatan //ramaonline.id
Musyawarah Desa Untuk Menetapkan Rancangan RKPDesa Tahun 2024 Desa Durian Seginim bersama BPD digelar di ruang kades setempat dihadiri Kades farozi.Sekdes Husni,Ketua BPD dan anggota.
Pemerintah Desa Durian Seginim akan melaksanakan Penyusunan dan penetapan RKPDesa Desa,Tahun 2024 Pada hari minggu kedepan setelah hasil kesepakatan dengan BPD dalam bulan juli paling lambat bulan agustus tahun 2024 Di Baiai Desa Desa Durian seginim besama pihak terkait dan masyarakat setempat.
Farozi selaku kades menjelaskan susunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) adalah dokumen penjabaran dari RPJM Desa untuk periode 1 (satu) tahun. UntukMenjabarkan RPJM Desa yaitu rencana pembangunan jangka menengah Desa (periode 6 tahun). RKP Desa menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) dan akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah.
A. Tahapan dan Ketentuan Penyusunan RKP Desa
Penyusunan RKP Desa terdiri atas tahapan:
1. Musyawarah Desa (Musdes) perencanaan pembangunan tahunan,
2. Pembentukan tim penyusun,
3. Pencermatan pagu indikatif dan program masuk ke desa,
4. Pencermatan ulang RPJM Desa,
5. Penyusunan dan daftar usulan RKP Desa,
6. Musrenbang Desa pembahasan rancangan RKP Desa,
7. Musdes pembahasan dan penetapan, dan
8. Musyawarah BPD penetapan Peraturan Desa (Perdes) tentang RKP Desa.
Adapun penyusunan RKP Desa harus mengacu pada ketentuan sebagai berikut:
1. Memperhatikan informasi perkiraan pendapatan transfer desa dari Pemerintah Kabupaten, dan
2. Berpedoman pada RKP Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.
B. Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Tahunan
1. Musdes perencanaan pembangunan tahunan merupakan pendahuluan penyusunan RKP Desa.
2. Musdes perencanaan pembangunan tahunan dilaksanakan paling lambat bulan Juni dan juli pada tahun berjalan.
C. Tim Penyusun RKP Desa
Tim Penyusun paling sedikit berjumlah 7 (tujuh) orang yang terdiri dari:
1. Pembina yang dijabat oleh Kepala Desa,
2. Ketua yang dipilih secara musyawarah mufakat dengan mempertimbangkan kemampuan dan keahlian,
3. Sekretaris yang ditunjuk oleh Ketua Tim, dan
4. Anggota yang berasal dari Perangkat Desa, Kader, dan unsur masyarakat lainnya.
Tugas-tugas Tim Penyusun sebagai berikut:
1. pencermatan perkiraan pendapatan desa,
2. pencermatan ulang dokumen RPJM Desa,
3. penyusunan rancangan RKP Desa,
4. penyusunan rancangan Daftar Usulan RKP Desa, dan
5. penyusunan dsain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan.
Laporan pembahasan Tim Penyusun berupa Rancangan RKP Desa disampaikan kepada Kepala Desa untuk diperiksa kemudian diteruskan kepada BPD untuk ditetapkan melalui Musdes. BPD menyelenggarakan musyawarah untuk menetapkan Peraturan Desa (Perdes) tentang RKP Desa.(an)
Editor : redaksi
Penulis : reporter